0
Ternyata, Clear Browsing Data itu Penting
Menghapus Riwayat Browsing
Browsing menjadi aktivitas yang sering kita lakukan, atau bisa juga menjadi rutinitas harian kita. Entah mencari hal yang sederhana, bahkan sampai hal yang bermacam-macam. Tanpa kita sadari, history/riwayat yang ada pada Browser kita sudah banyak sekali, menumpuk, dan ada apa di balik itu?.

Terkadang kita tidak peduli dengan keberadaan history/riwayat yang ada pada browser. Karena dengan adanya history, kita bisa mengetikkan alamat URL dengan beberapa huruf depannya saja. Tapi, taukah anda, bahwa terlalu banyak history, akan memakan banyak memory/disk pada system kita, yang berdampak pada kinerja komputer/laptop kita.

Saya sendiri pernah mengalami hal serupa. Karena terlalu banyak history, saya melihat Local Disk [System] menjadi hampir penuh. Solusi termudah adalah dengan menghapus History/Riwayat. Setelah saya hapus semua history, free space yang ada pada Local Disk C (System) menjadi bertambah. jadi memang benar bahwa Clear Browsing Data itu sangat penting. Punya saya sendiri, memakan sekitar 1GB lebih Space Harddisk.

Untuk cara menghapus history juga sangat mudah, yaitu cukup dengan menekan tombol kombinasi :
CTRL+ALT+DEL [berlaku untuk browser Mozilla Firefox dan Google Chrome]. Lalu pilih : 

  1. "The Beginning Of Time" (Chrome), atau
  2. "Everything" (Firefox).

Apabila kita ingin browsing tapi tidak menginginkan adanya History, kita bisa menggunakan "Private Browsing". Caranya juga cukup mudah, yaitu:
  1. CTRL+Shift+N (Chrome)
  2. CTRL+Shift+P (Firefox)

Cara ini berguna, selain untuk membersihkan Riwayat, juga menjaga Login dan password agar tidak tersimpan pada Browser yang kita gunakan.


Sekian artikel tentang Clear Browsing Data.
Semoga Bermanfaat!





[Hendry Sulistyo]

Post a Comment

 
Top