0
Salam Tekno!!

Kali ini saya akan berbagi sedikit tentang Perintah MSCONFIG pada Windows. Seperti kita tahu, bahwa banyak sekali sebetulnya perintah-perintah yang bisa kita gunakan untuk menjalankan suatu program. Salah satunya adalah perintah MSCONFIG, yang berfungsi untuk menjalankan System Configuration. Di dalam System Configuration juga tentu banyak pilihannya.
Lalu apa isi dari System Configuration ini?

Sebelum kita masuk ke topik pembahasannya, perlu saya sampaikan juga, andai saja sobat tekno masih awam dalam dunia komputer. 

Perintah yang ada dalam Windows bisa kita jalankan menggunakan cara menekan tombol Windows (Jendela) + R. Lalu akan masuk pada menu RUN. Di situlah kita akan memasukkan perintah yang akan kita jalankan. Termasuk menjalankan dengan perintah MSCONFIG.

Mengenal Perintah Msconfig Pada Windows
MSCONFIG
Ketika kita memasukkan perintah Msconfig maka akan muncul menu System Configuration seperti pada gambar di atas. Lalu apa saja fungsinya? Mari kita bahas satu per satu.


Ada beberapa menu utama di System Configuration, yaitu:

  1. General
  2. Boot 
  3. Services
  4. Start up, dan
  5. Tools
Pada menu General, saya biasanya menggunakan Normal Start Up. Kemudian pada Services dan Start Up, saran saya untuk yang dicentang atau yang enable saat start up hanya program yang diperlukan saat komputer dinyalakan saja misalnya antivirus. Akan tetapi untuk semua yang dari system windows tetap pada kondisi awal atau dengan kata lain tetap enable semua. Namun, perlu diingat dan diperhatikan bahwa jangan lupa untuk tetap menjalankan konfigurasi system yang diperlukan suatu program. Misalnya saja Corel Draw, dia memerlukan system Protexis Licensing V2, ini harus enable. Apabila ini di disable, maka Corel akan error ketika dijalankan. 

Sekian artikel tentang Mengenal Msconfig. 
Semoga. Bermanfaat!


[Hendry Sulistyo]


Post a Comment

 
Top